Rabu, 25 Desember 2013

Pertemuan 2 ( M. Excel )

M.Excel adalah sesi M.Office kedua yang dibahas dalam mata kuliah komputer kali ini :) .
Banyak sekali materi baru yang dipelajari disini yang belum pernah anda temui selama masa pembelajaran komputer anda di sekolah - sekolah  .
Oke Check this out guys .......
1.      Cara menggabungkan sel dan
a.      Blok cell yang ingin digabungkan
b.      Klik merge cell
c.       Klik warp text dan midlle align
2.      Cara membuat border
a.      Blok semua table yang ingin diberi border/garis pinggir
b.      Klik kanan mouse , dan pilih format cel
c.       Pilih border
d.      Pilih border yang kamu inginkan
e.      Ok


.      Cara membuat grafik
a.      Pertama-tama buatlah data yang akan dibuat grafik dalam bentuk table. Sebagai contoh bisa dilihat gambar dibawah ini.
b.      Blok area table mulai B3 sampai dengan D15

Add caption

c.       Buka ribbon Insert kemudian pilih salah satu bentuk grafik yang diinginkan pada group menucharts. Misalnya kita pilih saja bentuk column dengan sub pilihan 2-D column seperti gambar dibawah ini.


d.   Cara membuat grafik pada microsoft excel selanjutnya adalah Maka secara otomatis grafik akan muncul di lembar kerja tersebut. Dapat anda lihat bahwa antaragrafik dan data saling terhubung. Jika data di table anda rubah, maka secara otomatis grafik juga akan berubah. Kini anda dapat memperbesar ukuran grafik dengan drag pojok cart area kearah keluar kemudian atur sesuai dengan keinginan.



Cara menjumlahkan data
1.Tulis formula pada cell yang ingin kamu jumlahkan, =sum(cell yang akan dijumlahkan)
2 Enter


 Cara merataratakan data
1.      Tulis formula pada cell yang ingin dirata-ratakan =average(cell yang akan dirata-ratakan)
2.      Enter 
Cara menjumlahkan data berupa huruf
1.      Tulis formula pada cell yang ingin kamu jumlahkan, =countif(cell yang akan dijumlahkan,”data yang akan dijumlahkan”)
2.       Enter

1.      Cara membuat menu
1.              Silakan anda buat dokumen excel yang terdiri dari 3 sheet atau lebih. Sheet 1 anda beri nama MENU UTAMA, kemudian sheet 2 dan seteruskan anda beri nama Januari, Februari dan seterusnya.
2.              Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA). Buat sebuah menu seperti tampak pada gambar di bawah ini. Agar tampilan menu lebih cantik silakan anda buat menggunakan AutoShape.
3.              Seperti mengubah nama cell ,ubah nama cell januari dengan nama yang anda inginkan ex”januari”
4.              Klik sheet januari ,pada sheet panggil menu yang telah dibikin tadi dengan =januari. , enter
5.              maka akan muncul nama januari
 


 Cara mengunci sheet
  1. .      Pilih sheet yang akan dikunci
.      
      2. Pilih menu review ,klik protect shee
      3. Jika suda muncul tampilan dibawah ini,ketik pasord yang diinginkan
          4. OK
          5. Pada kotak confirm password ,ketikulang paswrd tadi



                 6.OK 



Cara membuka kunci sheet
11.  Pilih sheet yang akan dibuka kuncinya



2  2. Pilih menu review ,klik unprotect sheet
3  3. Ketik pasord yang digunakan ketika akan mengunci tadi



4.Ok

  Cara membuat hyperlink
1.      Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA).
2.      sekarang saatnya kita menghubungkan daftar menu yang telah kita buat dengan sheet tujuan. Silakan anda klik salah satu menu, misal menu JANUARI, kemudian klik Insert, Klik Hiperlink, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini


3.      Pada kotak edit hyperlink ,pilih sheet yang akan dijadikan hyperlink tujuan


4.      Pilih screentip , di screentip tulis nama yang  kamu inginkan
5.      Ok
6.      Klik JANUARI (apabila anda akan menghubungkan menu JANUARI dengan sheet JANUARI). Klik OK. Nah sekarang anda coba arahkan mouse ke menu JANUARI, maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan menunjuk, silakan anda klik, maka secara otomatis sheet JANUARI akan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar