M.Excel adalah sesi M.Office kedua yang dibahas dalam mata kuliah komputer kali ini :) .
Banyak sekali materi baru yang dipelajari disini yang belum pernah anda
temui selama masa pembelajaran komputer anda di sekolah - sekolah .
Oke Check this out guys .......
1. Cara menggabungkan sel dan
a. Blok cell yang ingin digabungkan
b. Klik merge cell
c. Klik warp text dan midlle align
2. Cara membuat border
a. Blok semua table yang ingin diberi border/garis pinggir
b. Klik kanan mouse , dan pilih format cel
c. Pilih border
d. Pilih border yang kamu inginkan
e. Ok
. Cara membuat grafik
a. Pertama-tama buatlah data yang akan dibuat grafik dalam bentuk table. Sebagai contoh bisa dilihat gambar dibawah ini.
b. Blok area table mulai B3 sampai dengan D15
Add caption |
c. Buka
ribbon Insert kemudian pilih salah satu bentuk grafik yang diinginkan
pada group menucharts. Misalnya kita pilih saja bentuk column dengan sub
pilihan 2-D column seperti gambar dibawah ini.
d. Cara membuat grafik pada microsoft excel selanjutnya adalah Maka secara otomatis
grafik akan muncul di lembar kerja tersebut. Dapat anda lihat bahwa antaragrafik
dan data saling terhubung. Jika data di table anda rubah, maka secara
otomatis grafik juga akan berubah. Kini anda dapat memperbesar ukuran grafik
dengan drag pojok cart area kearah keluar kemudian atur sesuai dengan
keinginan.
Cara menjumlahkan data
1.Tulis formula pada cell yang ingin kamu
jumlahkan, =sum(cell yang akan dijumlahkan)
2 Enter
Cara merataratakan data
1.
Tulis formula
pada cell yang ingin dirata-ratakan =average(cell yang akan dirata-ratakan)
2.
Enter
Cara
menjumlahkan data berupa huruf
1. Tulis formula
pada cell yang ingin kamu jumlahkan, =countif(cell yang akan dijumlahkan,”data
yang akan dijumlahkan”)
2. Enter
1.
Cara membuat menu
1.
Silakan anda buat dokumen excel yang terdiri
dari 3 sheet atau lebih. Sheet 1 anda beri nama MENU UTAMA, kemudian sheet 2
dan seteruskan anda beri nama Januari, Februari dan seterusnya.
2.
Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA). Buat
sebuah menu seperti tampak pada gambar di bawah ini. Agar tampilan menu lebih
cantik silakan anda buat menggunakan AutoShape.
3.
Seperti mengubah nama cell ,ubah nama cell
januari dengan nama yang anda inginkan ex”januari”
4.
Klik sheet januari ,pada sheet panggil menu
yang telah dibikin tadi dengan =januari. , enter
5.
maka akan muncul nama januari
Cara mengunci sheet
- . Pilih sheet yang akan dikunci
2. Pilih menu review
,klik protect shee
3. Jika suda muncul
tampilan dibawah ini,ketik pasord yang diinginkan
4. OK
5. Pada kotak
confirm password ,ketikulang paswrd tadi
6.OK
Cara
membuka kunci sheet
11. Pilih sheet yang
akan dibuka kuncinya
2 2. Pilih menu review
,klik unprotect sheet
3 3. Ketik pasord yang
digunakan ketika akan mengunci tadi
Cara membuat hyperlink
1.
Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA).
2.
sekarang saatnya kita menghubungkan daftar
menu yang telah kita buat dengan sheet tujuan. Silakan anda klik salah satu
menu, misal menu JANUARI, kemudian klik Insert, Klik Hiperlink, maka akan
muncul seperti pada gambar di bawah ini
3.
Pada kotak edit hyperlink ,pilih sheet yang
akan dijadikan hyperlink tujuan
4.
Pilih screentip , di screentip tulis nama yang
kamu inginkan
5.
Ok
6.
Klik JANUARI (apabila anda akan menghubungkan
menu JANUARI dengan sheet JANUARI). Klik OK. Nah sekarang anda coba arahkan
mouse ke menu JANUARI, maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan menunjuk,
silakan anda klik, maka secara otomatis sheet JANUARI akan terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar