Rabu, 25 Desember 2013

Manajemen Data

Manajemen Data adalah serangkaian aktifitas dalam mengelola data mulai dari persiapan entri data sampai menghasilkan informasi untuk disajikan dalam laporan yang berkaitan dengan data yang bersangkutan. Data yang akan dikelola disini adalah database.
Database  atau data dasar / basis data : adalah kumpulan angka, huruf, lambang, event dan lain-lain yang tersusun atas baris dan kolom dimana satu kolom adalah satu informasi hasil ukur yang nilainya bervariasi (variable) dan satu barus adalah semua hasil ukur yang diperoleh dari satu ojek ukur, disebut juga dengan sampel (record). Susunan tersebut belum memiliki arti apa-apa atau belum bisa diambil kesimpulan.
Manajemen dan Analisis Data adalah berbagai upaya yang dilakukan agar database dapat menghasilkan informasi atau dapat ditarik kesimpulan darinya.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka aktifitas Manajemen Data dapat dirincikan sebagai berikut (K=kategorik, N=numerik) :
  1. Merancang kuesioner
  2. Membuat Template
  3. Merancang Check
  4. Memasukkan data (data antry)
  5. Penggabungan Data (merge)
  6. Export Data
  7. Import Data
  8. Cleaning Data (K, N, L)
  9. Transformasi Data (KàK, NàK, dan NàN)
  10. Analisis Data (univariat, bivariat, dan multivariat)
Kegiatan 1-6 dapat dengan mudah dikerjakan dengan Epidata, sedangkan kegiatan 7-10 menggunakan SPSS. Pasangan kedua aplikasi ini merupakan pasarangan serasi. Dikatakan serasi karena kedua aplikasi saling melengkapi. Epidata sangat unggul dalam manajemen data tahap awal dan tidak memiliki kemampuan dalam manajemen data tahap lanjut. Sebaliknya SPSS sangat lemah dalam manajemen data tahap awal namun sangat ampuh dalam manajemen data tahap lanjut. Oleh sebab itu kedua aplikasi ini dipasangkan dalam pengerjaan Manajemen Data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar